Langsung ke konten utama

Manajemen Layanan Teknologi Informasi

pengrtian service management IT:
IT Service Management (ITSM) atau manajemen layanan adalah sebuah sistem dari manajemen rantai pasokan yang menghubungkan pemasaran perusahaan dengan pelanggan. Tujuan dari manajemen layanan adalah mengurangi pengeluaran biaya yang tinggi dengan mengintegrasi produk dan layanan, serta menjaga level persedian lebih kecil.

standar internasional manajemen pelayanan teknologi informasi:
ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal.



Secara prinsip, ada 5 (lima) domain proses utama yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi informasi yang handal, masing-masing adalah sebagai berikut:

1. Service Strategy : mengisyaratkan bahwa setiap organisasi harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam organisasi. Secara prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik.

2. Service Design : memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan tercipta suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok, dan unit/divisi pengguna pada organisasi.

3. Service Transition : menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektif dan tidak terjadi chaos.

4. Service Operation : mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan) akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.

5. Continual Service Improvement : mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN ABSTRACT CLASS, CONCRET CLASS, INTERFACE BESERTA CONTOHNYA

A.    Abstact Class Abstract Class adalah kelas yang terletak pad a posisi yang tertinggi. Abstract class digunakan sebagai basis untuk penurunan class lainnya, abstract class tidak dapat diinstasiasi secara langsung menjadi object. Abstract class dapat memiliki method concret atau method abstract .  Abstract method meruapakan suatu method yang tidak mempunyai badan method. Hanya berupa nama method dan parameter inputan method. 1.        Kegunaan abstract class : Ø   Class Abstract berisi beberapa method dan beberapa method abstract. Class Abstract berisi sebagian implementasi, dan subclass yang melengkapi implementasinya. Dengan kata lain Class Abstract memiliki beberapa kesamaan (Bagian yang diimplementasikan oleh subclass) dan memiliki perbedaan (method yang dimiliki oleh abstract class). Ø   Deklarasikan method abstract, jika ada satu atau lebih subclass yang diharapkan mempunyai fungsionalitas yang sama tetapi impl...

pengertian method overloading dan overriding beserta contohnya

Method Overloading adalah method yang memperbolehkan dalam satu class terdapat dua method yang sama tetapi memiliki parameter Pada method overloading perbedaan parameter mencakup : Jumlah parameter Tipe data dari parameter Urutan dari tipe data parameter Method Overloading juga dikenal dengan sebutan Static Polymorphism.   Hasil Running: Method overriding adalah method yang parrent class ditulis kembali oleh subclass. Aturan dari method overriding pada Java : Parameter yang terdapat pada method overriding di subclass harus sama dengan parameter yang terdapat pada parent class. Aturan hak akses, hak akses method overriding di subclass tidak boleh lebih ketat di bandingkan dengan hak akses method pada parent class. Hasil Running:  demikian penjelasan tentang Method Overloading dan Method overriding.